1. TITIK
Pengertian Titik adalah : Awal dan akhir dari sebuah garis; Menunjukkan posisi dalam sebuah ruang; Merupakan pusat perhatian; Titik tidak memiliki panjang, lebar, luas, atau pealaman.
2. GARIS
Garis adalah sebuah titik yang diperpanjang, yang memiliki panjang, tapi tidak memiliki lebar dan tinggi.
Elemen garis di bagi 2 yaitu :
- Elemen linear vertical.
Contohnyan : Kolom, Tiang, Menara dll.
- Elemen linear Horizontal.
Contohnyan : denah.
3. BIDANG
Bidang adalah Sebuah garis yang diteruskan kearah yang berbeda dari arah asalnya . sebuah bidang memiliki panjang dan lebar tapi tidak memiliki tinggi.
4. RUANG
Ruang adalah Gabungan dari beberapa bidang.
Unsur pembentuk ruang yaitu :
- Harus ada pembatas.
- Harus ada benda/manusia.
5. BENTUK
Bentuk adalah Karakteristik pengenal volume yang utama. Bentuk juga adalah cirri utama yang menunjukkan suatu volume, hal ini ditentukan oleh volume, wujud, dan hubungan antara bidang – bidang yang menggambarkan batas – batas. Secara konseptual volume mempunyai 3 dimensi yaitu panjang, lebar dan tinggi.
6. TEKSTUR
Tekstur adalah Gambaran mengenai sifat permukaan suatu benda yang dapat menimbulkan kesan – kesan tertentu seperti kasar, halus licin, mengkilat dan buram.
7. WARNA
Warna adalah Intensitas dan nilai pada permukaan bentuk.
Fungsi utama warna dalam karya perancangan adalah ;
- Meningkatkan kwalitas atau member nilai tambah
- Sebagai media komunikasi yang memiliki makna untuk penyalur kesan dan informasi.
- Untuk menutupi kelemahan atau kekurangan suatu permukaan bentuk atau benda yang di anggap kurang menarik.
PRINSIP – PRINSIP PERANCANGAN
- 1. Kesatuan/Unity
Kesatuan adalah usaha untuk mencari kesamaan dari sifat unsur – unsur estetika.
- 2. Keseimbangan
Keseimbangan adalah kualitas yang terdapat dalam setiap objek dimana daya tarik visual kedua bagian masing – masing sisi pusat keseimbangan atau pusat perhatian adalah sama.
- 3. Irama
Irama adalah Pengulangan simetris elemen – elemen yang mempunyai hubungan yang dapat dikenal.Dalam arsitektur pengulangan dalam visual bangunan seperti irama garis, volume interior, terang gelap, perbedaan warna, bukaan – bukaan, tiang atau kolom.
- 4. Skala
Skala adalah Kualitas yang membuat sebuah bangunan terlihat besarnya benar atau tepat.
Skala di bagi 3 yaitu ;
- Skala alamiah : Merupakan ekspresi dimensi yang sesungguhnya mengukur keadaan normalnya.
- Skaa Heroik : Usaha untuk membuat bangunan terlihat menjadi besar sehingga manusia terasa kecil.
- Skala Intim : Usaha untuk mendapatkan bangunan atau ruangannya kelihatan lebih kecil dari bangunan sesungguhnya
- 5. Proporsi
Proporsi adalah Kondisi yang membandingkan hubungan antara beberapa bagian dari suatu objek terhadap bagian yang lain yang terdapat dalam suatu bangunan yang utuh.
Hikara
Sep 28, 2012 @ 20:35:34
Referensinya mana ini??
o.O