BAB I

PENDAHULUAN

             Perdebatan yang sengit dan seru dalam berbagai seminar, lokakarya, dan diskusi-diskusi ilmiah untuk merumuskan suatu sistem ekonomi yang tepat bagi Indonesia telah menghasilkan kesimpulan yaitu tentang penerapan sistem ekonomi yang berdasarkan Pancasila di Indonesia. Sistem ekonomi yang berdasarkan Pancasila telah berkembang dengan berbagai versi menurut kemampuan dan latar belakang si pemikir. Evolusi pemikiran Pancasila sebagai suatu sistem ekonomi dimulai dari sidang BPUPKI dan PPKI yang selanjutnya dikembangkan oleh Muhammad Hatta dan pada akhir-akhir ini diteruskan dan dikembangkan oleh para ahli lainnya.

Pemikiran tentang sistem ekonomi yang berdasarkan berdasarkan Filasafat Pancasila ini sekarang baru sampai pada taraf kajian filsafat dan landasan moral, dengan sedikit kajian empiris teknis untuk memecahkan masalah problematika ekonomi dalam sistem ekonomi yang berdasarkan Pancasila itu sendiri yang tujuan utamanya yakni peningkatan kesejatraan bagi warga Negara . Pemikir-pemikir ekonomi Indonesia sekarang ini “banyak terjebak” dalam pemikiran-pemikiran tentang cara dan upaya untuk menanggulangi dan keluar dari krisis yang terjadi, sehingga pengembangan konsep dan teori untuk mengembangkan sistem ekonomi yang berdasarkan idealisme bangsa (Pancasila) kurang mendapat kontribusi. Penulis dapat mengambil suatu contoh yaitu tentang krisis politik dan ekonomi pada masa transisi antara orde lama dengan orde baru , krisis minyak pada awal tahun 80-an, krisis ekonmi dan keuangan yang berkelanjutan hingga sampai pada krisis politk pada pertengahan tahun 1997 sampai sekarang. Ketika terjadi krisis seperti ini banyak sekali pemikir ekonomi yang berpendapat, tetapi belum ada suatu pendapat yang “membumi” di Indonesia sebagai konsep dasar pemikiran ekonomi. Penulis juga menyadari bahwa penanggulangan krisis adalah penting dan perlu walaupun kadang-kadang cara yang digunakan kurang sesuai dengan Pancasila.

Sebagai suatu ilmu yang mempunyai objek masyarakat, maka sistem ekonomi harus peka terhadap perubahan masyarakat dan harus mampu juga mengatur masyarakatnya walaupun secara tidak langsung. Jadi mutu sistem ekonomi juga harus mampu berintegrasi dengan sistem sosial yang ada menjadi suatu sistem ekonomi dan sosial yang dapat mewujudkan tujuan masyarakatnya. Di Indonesia sistem ekonomi dan sosial ini berupa tatanan kehidupan berekonomi dan bermasyarakat yang sesuai dengan jiwa dan budaya bangsa. Tatanan ekonomi ini diatur dalam UUD 1945 yang dijiwai oleh Pancasila sebagai dasar filsafat dan moral penyelenggaraan kegiatan ekonomi. Jadi sistem ekonomi yang berdasarkan Pancasila ini bukan sistem baru yang benar-benar baru, tetapi pengembangan sistem lama yang disesuaikan dengan keadaan jaman serta dilandasi oleh jiwa dan budaya bangsa (Pancasila).

1.2 Rumusan masalah :

  1. Masalah yang harus dihadapi dalam filsafat ekonomi untuk peningkatan kesejatraan masyarakat Indonesia
  2. Alternatif serta langkah-langkah dalam filsafat ekonomi untuk meningkatkan kesejatraan masyakat.

1.3 Tujuan Penelitian

Tujuan yang ingin dicapai dengan adanya makalah ini adalah :

  1. Untuk mengetahui masalah yang harus dihadapi dalam filsafat ekonomi untuk peningkatan kesejatraan masyarakat Indonesia
  2. Untuk mengetahui alternatif serta langkah-langkah dalam filsafat ekonomi untuk meningkatkan kesejatraan masyakat.

1.4  Manfaat Penelitian

Manfaat yang diperoleh dari penulisan ini adalah : Dapat bermanfaat sebagai bahan untuk menambah Ilmu serta pengetahuan kita di bidang ekonomi untuk meningkatkan kesejatraan masyarakat serta masalah-masalah apa yang dihadapi dan alternativ kebijakan apa yang dapat di tempuh untuk peningkatan kesejetraan masyarakat

LENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD DISINI