A.      PENDAHULUAN

Usaha warnet sebenarnya cukup mudah untuk didirikan dan dijalankan. Betapa tidak, dengan membeli komputer, misalnya 10 buah, kemudian menginstalnya dengan software, lalu membuat jaringan agar komputer satu dengan yang lainnya terhubung, dan akhirnya mengalirkan koneksi internet ke jaringan tersebut, maka jadilah usaha warnet.

Untuk mengelolanya juga tidak diperlukan orang-orang yang mempunyai skill tinggi dengan gaji yang mahal. Cukup lulusan sma yang mengerti tentang komputer. Mungkin karena mudahnya, banyak orang yang berlomba-lomba mendirikan usaha warnet ini.

Jika kita melewati jalan-jalan besar dan disekitar jalan tersebut terdapat universitas, kos-kosan mahasiswa, atau perumahan padat, maka hampir dipastikan ada usaha warnet yang berdiri disitu. Jumlah dari usaha warnet itu tidak hanya satu, bahkan bisa lebih dari 3 untuk lokasi yang berdekatan.

Walaupun sudah ada tiga usaha atau lebih, tetap saja ada warnet baru yang bermunculan. Mereka bertarung untuk mendapatkan pelanggan yang sama. Selain dari pembuatannya mudah, trend teknologi sebenarnya juga mempunyai andil besar dalam pembentukan pasar dari usaha warnet. Komunikasi dan informasi tiada batas itulah yang ditawarkan internet.

Menjamurnya usaha warnet membuat persaingan semakin keras. Mereka bertarung tidak hanya dari sisi kenyamanan, spesifikasi komputer, dan kecepatan koneksi internet, bahkan dari sisi harga. Harga diturunkan sampai merusak pasaran untuk memancing pelanggan. Jika kita ingin bertahan, sudah selayaknyalah kita membangun usaha warnet yang kompetitif.

B.       NAMA USAHA

Usaha warnet yang kami dirikan  ini kami beri nama “READ-1.Net” dengan modal usaha yang kami kumpulkan bersama baik dari keuangan masing-masing maupun dari sponsor-sponsor yang ikut membantu khususnya dalam dukungan dana.

C.      LOKASI USAHA

Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memenuhi syarat sebagai berikut :

  1. Lokasi dekat dengan kawasan perguruan tinggi.
  2. Lokasi berada di pusat keramaian, misalnya di pasar dan perkantoran.
  3. Lokasi berdekatan dengan perpustakaan atau toko buku.
  4. Lokasi berada ditengah kawasan kosan mahasiswa, penduduk.

Lokasi yang kami prioritaskan adalah di Jl. H.E.A Mokodompit Kel. Lailolara Kec. Kambu Kota Kendari, dengan pertimbangan :

  1. Lokasi startegis dekat dengan beberapa perguruan tinggi, sekolah menengah dan sekolah tinggkat atas.
  2. Lokasi berada di sekitar wilayah kawasan kosan mahasiswa dan pemukiman penduduk.

D.      TARGET PELANGGAN

Target pelanggan warnet ini adalah : mahasiswa dan pelajar disekitarnya. Mereka umumnya menggunakan internet hanya untuk hiburan saja yaitu dengan mengakses (LENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD DISINI)