BAB I

PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang

Pentingnya peranan pariwisata dalam membangun ekonomi di berbagai negara sudah tidak diragukan lagi. Banyak negara sejak beberapa tahun terakhir menggarap pariwisata dengan serius dan menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan di dalam perolehan devisa, penciptaan lapangan kerja, maupun pengentasan kemiskinan.           

Dalam pengembangan keperiwisataan perlu adanya pengkajian secara komrehensif dari aspek: ekonomi, lingkungan, social, budaya, polkam, internasional serta dampak yang ditimbulkan baik yang bersifat positif maupun dampak negative yang akan ditimbulkan akibat dari dunia pariwisata itu sendiri. Kita ketahui bahwa kebudayaan dan pariwisata merupakan hal yang sangat penting dalam mengembangkan keperiwisataan.

Dengan mengembangkan keperiwisataan akan dikenal secara dekat ciri khas budaya dan keunikan serta kearifan lokal yang kita miliki. Dengan demikian penyelenggaraan wisata-wisata kebudayaan dan tradisi-tradisi lokal misalnya, kita secara professional dengan cirri khas kedaerahan masing-masing yang unik, agar menpunyai daya tarik sendiri terhadap wisatawan loal maupun manca negara, dengan pengemasan paket-paket wisata yang mengacu kepada aspek kebudayaan dan kearifan masyarakat lokal.

Usaha pariwisata digolongkan ke dalam: usaha jasa pariwisata, pengusahaan obyek dan daya tarik wisata dan usaha sarana pariwisata. Pariwisata adalah suatu kegiatan yang secara langsung dan melibatkan masyarakat sehingga membawa berbagai dampak terhadap masyarakat setempat. Dalam rangka pengembangan partiwisata di daerah perlu adanya regulasi tentang pariwisata yang mencakup aspek pendanaan, komitmen, infrastruktur serta aspek-aspek pendukung sebagai usaha jasa pariwisata itu sendiri.

Dengan menggeliatkan kegiatan penyelenggaran keperiwisataan di daerah secara tidak langsung dapat meningkatkan pendapatan asli daerah serta perekonomian masyarakat lokal, mungkin dengan cara seperti itu kita bisa bangkit dengan semangat kepariwisataan.

1.2       Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, masalah yang akan dibahas dalam makalah ini, adalah:

  1. Bagaimanakah perencanaan pariwisata dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat?
  2. Bagaimanakah strategi pengembangan budaya dalam meningkatkan usaha pariwisata?

1.3       Tujuan dan Manfaat

Tujuan makalah ini adalah untuk memberikan gambaran tentang kepariwisataan dari segi:

  1. Perencanaan pariwisata dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat.
  2. Pengembangan budaya dalam meningkatkan usaha pariwisata.

LENGKAPNYA SILAHKAN DIDOWLOAD DISINI