BAB I.

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Filsafat merupakan suatu ilmu pengetahuan, karena itu filsafat berbeda dengan pengetahuan biasa yang dimiliki orang berasarkan pengalaman hidup. Agar dapat menjadi filsafat, pengalaman hidup perlu di selidiki terus menerus dengan menggunakan metode berfikir. Filsafat mengajarkan kita padaa kesadaraan, kemauan, kemampuan manusia sesuai denga kedudukannya sebagai makhluk individual, makhluk social sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Berdasarkan perkembangan waktu dari masa ke masa, akan terlihat bagaimana pola pikir-pola pikir atau gagasan atau ide manusia terlihat sejak manusia ada di muka bumi ini. Sejarah telah mencatat baahwa manusia pertama di muka bumi ini adalah Adam dan Siti Hawa. Sejak adanya manusia dimuka bumi ini, tentunya seiring pula dengan adanya  perkembangan ilmu pengetahuan.

Ilmu pengetahan yang ada antara lain pemahaman tentang adanya kebutuhan hidup secara ekonois, biologis, dan penerapan ilmu lainnya. Walaupun secar teoritik tentang ilmu pengetahuan belum Nampak, namun aplikasi (penerapan) dari ada ilmu pengetahuan tersebut telah dilakukan. Sebagai contoh mengenai penerapan Ilmu ekonomi yang mengkaji dan melaksanakan aktifitas kelangsungan hidup manusia. Praktek ekonomi sudah dilaksanakan sejak manusia dalam melangsungkan dan mempertahankan hidupnya.

Secara teoritik ekonomi belum tercetus pada saat adanya manusia pertama dimuka bumi ini. Pemahamaan dan mulai munculnya teori/ilmu ekonomi pada saat atau zaman yunani kuno (abat 13 SM) dimana kata Oikos berarti rumah tangga dan Nomos berarti aturan atau norma. Dengan demikian kata ekonoi berarti aturan rumah tangga.

Ilmu filsafat Ekonomi dan filsafat Etika mempunyai hubungan yang terkait dengan manusia, karena keduanya tidak dapat bergerak dan berkembang apabila tidak ada kedua alat utama kedalam diri manusia, maka dalam makalah ini kami mencoba membahas “ Hubungan filsafat Ekonomi Dengan Filsafat Etika”.

1.2. Rumusan Masalah.

Berdasarkan latar belakang yang disampaikan diatas maka yang menjadi permasalahan pada makalah ini adalah Bagaimana Hubungan Antara Filsafat Ekonomi Dengan Filsafat Etika?

1.3. Tujuan Dan Manfaat.

Adapun tujuan dan manfaat dari makalah ini adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui bagaimaana hubungan antara filsafat ekonomi dengan filsafat etika.
  2. Dapat menambah wawasan bagi penulis (kelompok III) pada khususnya dan mahasiswa yang berhubungan dengan makalah ini pada umumnya.
  3. Sebagai tugas utama  kelompok III pada matakuliah Ilmu Filsafat.

LENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD DISINI