BAB I

PENDAHULUAN

 1.1.Latar Belakang

Darah manusia terdiri dari cairan yang disebut sebagai plasma darah, dan tiga kelompok sel darah. Kelompok sel darah itu dibedakan menjadi sel darah merah, sel darah putih, dan keping-keping darah.

Sel darah putih atau leukosit berfungsi untuk melindungi tubuh terhadap infeksi atau serangan penyakit lainnya. Sel darah merah atau eritrosit berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh, dan membawa karbon dioksida dari jaringan tubuh kembali ke paru-paru.? Keping-keping darah atau trombosit sangat berperan dalam proses pembekuan darah.

Ketika terjadi leukemia, tubuh akan memproduksi sel-sel darah yang abnormal dan dalam jumlah yang besar. Pada leukemia, sel darah yang abnormal tersebut adalah kelompok sel darah putih. Sel-sel darah yang terkena leukemia akan sangat berbeda dengan sel darah normal, dan tidak mampu berfungsi seperti layaknya sel darah normal.

Penyebab leukemia sejauh ini belum diketahui. Namun banyak penelitian yang dilakukan untuk memecahkan masalah ini. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa leukemia lebih sering menyerang kaum pria dibandingkan kaum wanita, dan juga pada kelompok orang kulit putih dibandingkan dengan orang kulit hitam. Namun sampai saat ini belum diketahui mengapa hal tersebut dapat terjadi.

Leukemia umumnya muncul pada diri seseorang sejak dimasa kecilnya, Sumsum tulang tanpa diketahui dengan jelas penyebabnya telah memproduksi sel darah putih yang berkembang tidak normal atau abnormal. Normalnya, sel darah putih me-reproduksi ulang bila tubuh memerlukannya atau ada tempat bagi sel darah itu sendiri. Tubuh manusia akan memberikan tanda/signal secara teratur kapankah sel darah diharapkan be-reproduksi kembali.

1.2. Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah dari makalah kami ini adalah :

  1. Mengetahui definisi leukemia akut ?
  2. Bagaimana mengetahui gejalah-gejalah leukemia akut ?
  3. Apa Penyebab leukemia akut ?
  4. Bagaimana pengebatan leukemia akut ?

1.3. Tujuan makalah

Adapun tujuan dari makalah kami ini adalah :

  1. Untuk mengetahui definisi leukemia akut
  2. Untuk  mengetahui gejalah-gejalah leukemia akut
  3. Untuk mengetahui Penyebab leukemia akut
  4. Untuk mengetahui bagaimana pengebatan leukemia akut

 BAB II

PEMBAHASAN

2.1. Pengertian leukemia akut

Leukemia akut merupakan kanaker yangmenyebar dengan cepat dfi dalam darah dan sumsum tulang. Karena yang asli leukemia sel, sumsum tulang yang memproduksi berbagai blasts, atau belum, nonfungsional sel. Dibawah keadaan sehat, sel-sel ini akan berkembang menjadi sel-sel darah putih yang memerangi infeksi, sel darah merah membawah oksigen ke seluruh tubuh, atau platelets untuk membantu clotting. Namun pada orang yang AML, blasts ini tidak mengalami perkembangan norman dan menghambat produksi sel-sel baru.

Akut Lymphocvtic leukemia (ALL) adalah kangker yang mirip dengan leukemia akut inyelogenous kecuali, daripada mempengarui semua jenis sel, di mulai di lymphocytes.Lymphocytes adalah sel darah putih yang mempertahankan tubuh terhadap inveksi. Sumsum tulang yang membuat sel belum banyak di kenal sebagai blasts, pada orang yang sehat akan menjadi lymphocytes.pada orang yang menggalami leukimia akut sel darah merah menjadi sel darah putih. Sel-sel yang abnormal kemudian menggambil tempat di benak biasanya di khususkan untuk sehat sel, dan menghambat pencipta  sel;-sel baru..Proses ini dapat mengakibatkan pengurangan sel darah putih yang mengarah ke system kekebalan menjadi lemah.

Leukemia diklasifikasikan berdasarkan jenis sel Ketika pada pemeriksaan diketahui bahwa leukemia mempengaruhi limfosit atau sel limfoid, maka disebut leukemia limfositik. Sedangkan leukemia yang mempengaruhi sel mieloid seperti neutrofil, basofil, dan eosinofil, disebut leukemia mielositik.Dari klasifikasi ini, maka Leukemia dibagi menjadi empat type sebutan;

  • Leukemia limfositik akut (LLA). Merupakan tipe leukemia paling sering terjadi pada anak-anak. Penyakit ini juga terdapat pada dewasa yang terutama telah berumur 65 tahun atau lebih.
  •  Leukemia mielositik akut (LMA). Ini lebih sering terjadi pada dewasa daripada anak-anak. Tipe ini dahulunya disebut leukemia nonlimfositik akut.
  •  Leukemia limfositik kronis (LLK). Hal ini sering diderita oleh orang dewasa yang berumur lebih dari 55 tahun. Kadang-kadang juga diderita oleh dewasa muda, dan hampir tidak ada pada anak-anak
  •  Leukemia mielositik kronis (LMK) sering terjadi pada orang dewasa. Dapat juga terjadi pada anak-anak, namun sangat sedikit.

2.2. Gejalah-gejalah leukemia akut

Tanda dan Gejala Penyakit Leukemia Gejala Leukemia yang ditimbulkan umumnya berbeda diantara penderita, namun demikian secara umum dapat digambarkan sebagai berikut:

SILAHKAN DIDOWNLOAD DISINI

UNTUK SLIDE PRESENTASENYA SILAHKAN DIDOWNLOAD DISINI