BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang

Penyakit jantung dan stroke merupakan sosok penyakit yang sangat menakutkan. Bahkan sekarang ini di Indonesia penyakit jantung menempati urutan pertama sebagai penyebab kematian.

Penyakit jantung dan stroke sering dianggap sebagai penyakit monopoli orang tua. Dulu memang penyakit-penyakit tersebut diderita oleh orang tua terutama yang berusia 60 tahun ke atas, karena usia juga merupakan salah satu faktor risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Namun sekarang ini ada kecenderungan juga diderita oleh pasien di bawah usia 40 tahun. Hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan gaya hidup, terutama pada orang muda perkotaan modern.

Ketika era globalisasi menyebabkan informasi semakin mudah diperoleh, negara berkembang dapat segera meniru kebiasaan negara barat yang dianggap cermin pola hidup modern. Sejumlah perilaku seperti mengkonsumsi makanan siap saji (fast food) yang mengandung kadar lemak jenuh tinggi, kebiasaan merokok, minuman beralkohol, kerja berlebihan, kurang berolah raga, dan stress, telah menjadi gaya hidup manusia terutama di perkotaan. Padahal kesemua perilaku tersebut dapat merupakan faktor-faktor penyebab penyakit jantung dan stroke.

1.2 Permasalahan

Permasalahan yang dangkat dalam penulisan makalah ini ialah:

  1. mengapa penyakit jantung bisa terjadi?
  2. apakah sebenarnya penyakit jantung itu?
  3. bagaimanakah cara mencegah penyakit jantung?

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Penyebab Penyakit Jantung

Faktor yg menyebabkan terkena resiko penyakit jantung sebagai mana dikemukakan di dalam Satu Kongres Kardiolog di Munich Jerman yaitu :

1)      Smooking atau Merokok – yg paling berbahaya menurut mereka

2)      Tekanan darah tinggi

3)      Penyakit gula atau Diabetes

4)      Satu skema pembagian lemak = waist to hip ratio

5)      Pola Makan yang salah

6)      Kegiatan fisik yang berlebihan

7)      Mengkonsumsi Alkohol

8)      Banyaknya lemak di dalam darah

9)      Faktor psikososial

LENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD DISINI

DAN UNTUK VERSI INGGRISNYA SILAHKAN DOWNLOAD DISINI