DOKTER MASA DEPAN

TOMORROW DOCTOR

Dunia kedokteran telah berkembang secara pesat. Penyakit-penyakit yang di masa lalu belum ditemukan pengobatannya.Harapan hidup pasien telah mencapai taraf yang lebih baik dibanding masa lalu, berkat profesionalitas praktisi kesehatan yang semakin baik.

Bersamaan dengan meningkatnya standar pelayanan industri kesehatan, maka tantangan yang dihadapi juga semakin meningkat. Abad ke 21 ini menjadi abad yang penuh tantangan. Diperlukan suatu terobosan baru, supaya berbagai penyakit tersebut bisa diatasi sebagaimana penyakit-penyakit lainnya.

Dalam masa sekarang telah berkembang teknologi baru dalam dunia kesehatan. Namun semua itu harus didukung dengan keahlian yang harus dimiliki oleh seorang dokter yang diharapkan oleh masyarakat ke depan nantinya. Hal tersebut antara lain sebagai berikut

  • MEDICAL EXPERT AND HEALER

Dokter yang pandai harus mampu menguasai tentang ilmu kedokteran dan dengan pengetahuannya itu dapat diaplikasikan untuk menyembuhkan pasiennya.

  • COMMUNICATOR\

Dapat berkomunikasi dengan baik dan menggunakan bahasa yang efektif sehingga mudah dimengerti dan tidak disalah artikan oleh pasien. Dalam kehidupan kita sehari-hari komunikasi memegang peranan yang sangat penting. Kita tidak bisa tidak berkomunikasi.tidak ada aktifitas yang dilakukan tanpa komunikasi, dikarenakan kita dapat membuat beberapa perbedaan yang esensial manakala kita berkomunikasi dengan orang lain.Demikian pula sebaliknya, orang lain akan berkomunikasi dengan kita ,baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Cara kita berhubungan satu dengan lainnya, bagimana suatu hubungan kita bentuk, bagaimana cara kita memberikan kontribusi sebagai anggota keluarga, kelompok, komunitas, organisasi dan masyarakat secara luas membutuhkan suatu komunikasi.Sehingga menjadikan komunikasi tersebut menjadi hal yang sangat fundamental dalam kehidupan kita.

  • MANEGER

Dapat mengatur waktu kerja sehingga segala kegiatan bisa berjalan secara efisien.

Dokter sebagai manager juga mempunyai tugas-tugas antar lain :

Management function dan process

Management roles

Management skill

Managing in changing situation

· COMMUNITY LEADER

Dapat menjadi pemimpin yang bisa menjadi panutan dikalangannya. Artinya bahwa seorang pemimpin harus mampu melakukan manajemen baik secara internal maupun secara eksternal dalam organisasi yang dipimpinnya. Manajemen tersebut dapat dilaksanakan dengan langsung kelapangan dan secara tidak langsung yaitu melalui orang yang berwenang untuk melaksanakan tugas tersebut atau yang diberi mandate untuk menjalankan tugas yang diberikan.

  • DECISION MAKER

Seorang dokter harus mampu membuat keputusan yang tepat agar apa yang diputuskan tidak berakibat fatal bagi pasien maupun dokter itu sendiri.

  • PROFESONAL

Dokter yang professional artinya dapat mengutamakan kewajibannya dibandingkan kepentingan pribadi serta mengobati pasien dari kalangan manapun tanpa membeda-bedakan status sosialnya baik agama, ras, dan budaya. Professional tidak cukup hanya itu tetapi juga harus ditinjau dari segi keilmuannya dapat mengetahui segala apa yang baik dalam menangani seorang pasien.

  • SCHOLAR

Dapat meraih gelar sarjananya dengan waktu yang cepat dan bisa menjadi sarjana yang berkualitas dan dapat belajar sepanjang hayat.